TUTORIAL BLOGGING , BLACKBERRY , TEMPLATE SEO FRIENDLY

close
cbox

Mencegah Penyebaran Virus Lokal Melalui Flashdisk



Menurut Polling yang dilakukan oleh PCMEDIA, ternyata FlashDisk adalah media paling umum yang dipakai oleh virus lokal untuk membantu penyebarannya. Hal ini diperparah dengan adanya virus lokal yang menggunakan fungsi file autorun untuk membantu penyebarannya.

Akibatnya begitu flashdisk terhubung ke komputer, tanpa sadar sang virus langsung menyebar ke komputer kita.  Penulis sendiri pernah menjadi korban dari keganasan virus ini, silahkan baca postingnya.

Lantas, bagaimana cara untuk mencegah penyebaran virus yang menggunakan file autorun ini? Salah satu caranya adalah dengan mematikan fasilitas autoplay dari windows. Fasilitas yang seharusnya digunakan untuk mempermudah para pengguna windows ini justru dimanfaatkan oleh para virus maker untuk menyebarkan virus mereka. Terus terang saya tidak mengerti jalan pikiran para VM ini. Bagaimana mereka bisa bahagia di atas penderitaan orang lain?

Oke, tanpa perlu basa-basi lagi, mari saya jelaskan cara untuk mematikan mode autoplay ini. Pertama, buka group policies dari windows anda. Caranya, Start ----> Run ----> ketik gpedit.msc ----> OK
sehingga gambar berikut akan muncul.
Kedua, Double klik pada Computer Configuration ----> Administrattive Templates ----> System ----> Turn Off Autoplay.
Pilih Enabled dan All Drives pada masing-masing kolom kemudian klik Apply ----> OK
Sekarang, setiap kali flashdisk anda terhubung ke komputer maka virus yang memakai fasilitas autorun tidak akan berjalan secara otomatis lagi. Anda harus membuka flashdisk anda secara manual dari Windows Explorer. Begitu Flashdisk terhubung, jangan lupa untuk melakukan scanning virus terlebih dahulu terhadap Flashdisk anda.

Sekali lagi ingat, jangan double klik Flashdisk anda pada My Computer atau semua langkah pencegahan di atas akan sia-sia saja. Sebaiknya selalu gunakan Windows Explorer untuk membuka Flashdisk anda dan jangan sekali-sekali menggunakan My Computer untuk membuka Flashdisk anda. Caranya, klik kanan pada tombol Start kemudian pilih explore,
Sehingga, gambar berikut akan muncul,
Setelah Flashdisk terbuka lewat Windows Explorer, sebaiknya langsung hapus saja file-file yang dicurigai sebagai virus.

Ketiga buatlah account guest di komputer anda, caranya dengan masuk control panel dan aktifkan Guest di user account dan loginlah sebagai guest, karena guest mempunyai keterbatasan akses sehingga virus tidak bisa memodifikasi registr.

Keempat Selalu Update Antivirus Anda, bila Anda tidak selalu mempunyai akses ke internet untuk update, Anda bisa mencoba  usb disk security dan ini tidak perlu update, mau coba silahkan downlod disini ( sudah sama crack lo ^_^)

Semoga Bermamfaat


Responses

0 Respones to "Mencegah Penyebaran Virus Lokal Melalui Flashdisk"

Post a Comment

 

Community


My Popularity (by popuri.us)
Return to top of page Copyright © 2010 Stay Teddy|Official site All Right Reserved Powered By Blogger